Banner

December 20, 2018

Begini Cara Blogger Menghasilkan Uang dari Blognya

 

Begini Cara Blogger Menghasilkan Uang dari Blognya
Blog dikenal sebagai salah satu platfrom yang mampu menghasilkan tambahan penghasilan yang lumayan dari kegiatan menulis artikel-artikel informatif.

Bahkan, tidak sedikit blogger yang menjadikan kegiatannya itu sebagai pekerjaan utama dengan penghasilan jutaan rupiah. 

Kejayaan blog boleh dikatakan sejak tahun 2000an disebabkan karena meningkatnya penetrasi internet di Indonesia saat itu.

Namun, seiring dengan semakin meningkatnya kecepatan internet, perkembangan teknologi yang semakin maju peminat blog sedikit tergeser karena semakin banyaknya konten audio visual. 

Kemunculan Youtube tahun 2005 kemudian dibeli Google setahun kemudian turut memengaruhi bergesernya pola konsumsi informasi warganet dari teks ke audio visual. 

Saat ini, Youtube menempati urutan kedua di Alexa sebagai situs dengan kunjungan terbanyak di dunia setelah Google.

Apakah blog masih menarik untuk digeluti pada era sekarang ini? Bisa saja, asalkan disertai dengan pengembangan yang menyesuaikan dengan kebutuhan saat ini. 

Dilansir laman resmi Radio Elshinta, seorang blogger tak cukup hanya mengembangkan konten di platform websitenya, tetapi harus pula diikuti dengan aktifnya di media sosial. 

Ada konten-konten yang memang untuk website, ada pula konten yang khusus untuk media sosial. Karena, kecenderungan orang sekarang hanya ingin mendapatkan informasi dari aplikasi media sosial mereka saja. 

Dari sisi pendapatan, blogger tidak lagi cukup mengandalkan Google Adsense. Perlu dipikirkan pendapatan dari pihak ketiga seperti sponsor, atau website-webiste berita yang membutuhkan backlink guna menunjang rangking webistenya. 

Saat ini, cukup banyak website berita yang baru tumbuh mencoba meningkatkan traffic webisitenya dengan mengupayakan backlink di berbagai situs termasuk blog-blog yang sudah ramai. Tentu saja, mereka berani membayar untuk hal ini.

Selain itu, bloger juga perlu berekspansi dengan menjadikan keterampilannya di platfrom lain yang membayar tulisannya sesuai dengan page views yang didapatkan. 

Review produk juga masih menjadi salah satu pendapatan lain blogger. Masih cukup banyak perusahaan-perusahaan yang mengundang blogger pada acara mereka. 

Intinya, blogger sekarang dituntut untuk mengembangkan kontennya ke berbagai platfrom dan pendapatan di luar adsense yang selama ini jadi andalan.*

Show comments
Hide comments
No comments:
Write comment

Contact Form

Name

Email *

Message *

Latest News

Back to Top